Tuesday, November 26, 2013

WHO: Virus Polio Mulai Menyebar ke Damaskus dan Aleppo Suriah

KASUS menyebarnya polio telah dikonfirmasi terjadi di dua daerah baru Suriah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Selasa kemarin (26/11/2013).

Daerah yang terinfeksi adalah dekat ibukota Suriah Damaskus dan di utara kota Aleppo, dekat Turki.
“Selain 15 kasus polio di provinsi Deir al-Zor, Suriah, dua kasus tambahan telah dikonfirmasi, masing-masing di Damaskus dan pedesaan Aleppo,” kata organisasi itu di akun Twitter-nya.
Virus polio dikonfirmasi bulan ini dengan adanya 13 anak yang menjadi lumpuh. WHO mengatakan polio diperkirakan akan menyebar setelah adanya penurunan tingkat vaksinasi karena perang.
Juru bicara WHO Sona Bari mengatakan virus polio telah mencapai Aleppo, kota utama di mana pejuang oposisi Suriah telah berperang dengan pasukan yang setia kepada Presiden Bashar Al-Assad, menurut laporan Reuters.
Polio sendiri telah menjadi endemik di Pakistan, Afghanistan dan Nigeria meskipun kampanye 25 tahun untuk memberantas penyakit tersebut. Polio dapat melumpuhkan anak-anak dalam beberapa jam. Wabah polio pertama di Suriah sudah ada sejak tahun 1999.
Mengantisipasi semakin menyebarnya virus, lebih dari 20 juta anak-anak harus divaksinasi di Suriah dan negara-negara tetangga selama enam bulan ke depan, WHO mengatakan.
Tingkat imunisasi di Suriah telah menurun drastis, dari lebih dari 90 persen sebelum konflik menjadi sekitar 68 persen.[fq/islampos/reuters]

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About