Saturday, April 6, 2013

Liberalis vs Islamis Memanas di Bangladesh



Metrotvnews.com, Dhaka: Kelompok Islamis di Bangladesh menggelar aksi demonstrasi di Dhaka mendesak aturan keras bagi penulis blog yang menghina Islam. Ribuan orang dari seluruh negara dilaporkan ikut ambil bagian dalam aksi ini.

Massa pendemo meminta agar undang-undang penghujatan diberlakukan dengan ancaman hukuman mati bagi mereka yang menghina Islam dan Nabi Muhammad. Kelompok yang menamakan diri Hefajat-e-Islam ini juga mengungkapkan 13 permintaan dan mengkritik pemerintah karena tidak melakukan tindakan atas 'bloger ateis'.


Februari lalu, seorang penulis blog bernama Ahmed Rajib Haider tewas dibunuh di luar rumahnya di tengah-tengah ketegangan terkait persidangan kejahatan perang saat perang kemerdekaan 1971. Haider adalah salah satu anggota kelompok penulis blog yang meminta agar pemimpin Islam dihukum terkait perang kemerdekaan 1971.

Beberapa pekan sebelumnya Abdul Kader Mullah, pemimpin partai Islam, Jamaat-e-Islami, dihukum penjara seumur hidup.

Awal pekan ini, empat bloger ditangkap atas dugaan melanggar sentimen agama dalam tulisan mereka. Salah satunya ialah Ahmed Rajib Haider yang dilaporkan mengalami penyerangan.

Penangkapan tersebut memicu protes delapan operator blog yang mematikan layanan mereka. Kaum liberal menuduh pemerintah tunduk terhadap tekanan Islamis.

Sejumlah bentrokan dilaporkan juga berlangsung dalam beberapa pekan terakhir antara Islamis dan pendukung Liga Awami, partai yang berkuasa saat ini. Seorang pria berusia 45 tahun dilaporkan tewas saat bentrokan berlangsung antara pendukung kelompok Islamis dengan Liga Awami, kemarin.

Pria tersebut diketahui sebagai pendukung Liga Awami, sementara sepuluh orang lainnya mengalami luka-luka saat polisi menembaki masa di kawasan Kamrangirchar. (BBC)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About