Biksu Wirathu : Saya tidak Ingin Myanmar Seperti Indonesia, Dahulu Budha Mayoritas, Kini Setelah Islam Masuk, Muslim menjadi Mayoritas di Indonesia
Kekerasan Massa Budha Terhadap Muslim
Biksu Budha menarik seorang gadis muslimah muda dan menempelkan pisau ke lehernya.
“Jika Anda mengikuti kami, aku akan membunuhnya,” ejek biksu kepada
polisi, menurut saksi, massa Buddha bersenjatakan parang dan pedang
mengejar hampir 100 Muslim yang berada di kota ini di pusat Myanmar.
Pada hari Kamis yang lalu , tanggal 21 Maret. Hanya dalam beberapa
jam, 25 Muslim tewas. Massa Buddha menyeret tubuh mereka yang berlumuran
darah di sebuah bukit di lingkungan yang disebut Mingalarzay Yone dan
mereka bakar jenazah muslim tersebut. Beberapa muslim lainnya ditemukan
telah dibantai dalam rawa . Seorang juru kamera Reuters melihat sisa
tubuh dua anak, berusia 10 tahun atau bahkan lebih muda.
Kebencian etnis di Myanmar tak terkendali sejak kondisi aman 49 tahun
kekuasaan militer yang berakhir pada Maret 2011. Dan itu menyebar ke
seluruh negeri, dan mengancam transisi sejarah demokrasi negara itu.
Tanda-tanda pembersihan etnis telah jelas, dan jelas pula siapa mereka
yang menghasut itu.
Selama empat hari, setidaknya 43 orang tewas di kota berdebu dan
hampir 100.000 penduduknya , hanya 80 km sebelah utara dari ibukota
Naypyitaw. Hampir 13.000 orang, sebagian besar umat Islam, diusir dari
rumah mereka dan bisnis. Pertumpahan darah yang dilakukan dan dipimpin
oleh biksu Buddha yang dengan kekerasan massa , termasuk setidaknya 14
desa lainnya terancam di pusat Myanmar dan terdapatminoritas Muslim di
tepi di salah satu negara Asia yang paling beragam etnis.
Berdasarkan wawancara dengan lebih dari 30 saksi, mengungkapkan
pembantaian di waktu fajar menewaskan 25 Muslim di Meikhtila dipimpin
oleh biksu Budha – dimana tokoh biksu itu sering dijadikan ikon
demokrasi di Myanmar. Pembunuhan terjadi terlihat jelas bahwa polisi
tidak melarang dan tiadanya intervensi oleh pemerintah daerah maupun
pusat. Kalimat berupa grafiti tertulis di salah satu dinding menyerukan
“pemusnahan Muslim.”
Kerusuhan yang terjadi di kota-kota lain, hanya berjarak beberapa jam
dari ibukota komersial Yangon, pembantaian yang terorganisir dengan
baik, bersekongkol dengan polisi yang hanya menutup mata. Bahkan setelah
pembunuhan pada tanggal 21 Maret, menteri utama untuk wilayah tersebut
tidak menghentikan kerusuhan yang berkecamuk. Menteri itu hanya
menyerahkan kendali kota untuk biksu Budha radikal. Truk pemadam
kebakaran di tahan,dan petugas penyelamat diintimidasi.
Pembantaian yang terorganisir
Namun, pembantaian Meikhtila oleh Buddha sangat terorganisir dan juga
kelambanan pemerintah dipantau oleh Reuters pada kejadian di barat
Myanmar tahun lalu. Kali ini, pertumpahan darah melanda sebuah kota
strategis di jantung negara itu, menimbulkan pertanyaan mengenai apakah
reformis Presiden Thein Sein memiliki kontrol penuh atas pasukan
keamanan Myanmar mengalami perubahan yang paling dramatis sejak kudeta
tahun 1962.
Di negara mayoritas-Buddha dikenal sebagai “Tanah Emas” untuk pagoda
yang berkilauan, kerusuhan tersebut menelanjangi kebenaran yang sering
tersembunyi: Biksu Budha telah memainkan peran sentral dalam kerusuhan
anti-Muslim selama dekade terakhir. Meskipun 42 orang telah ditangkap
sehubungan dengan kekerasan, biarawan terus memberitakan gerakan cepat
menyambut Buddhis nasionalis yang dikenal sebagai “969″ yang memicu
banyak masalah.
Pemeriksaan juga menunjukkan motif ekonomi dan agama. Di salah satu
negara termiskin di Asia, kaum Muslim Meikhtila dan bagian lain dari
pusat Myanmar umumnya lebih makmur daripada kaum Buddha mereka. Di
Myanmar secara keseluruhan, Muslim mencapai 5 persen dari rakyat
myanmar. Dalam Meikhtila, mereka terdiri dari sepertiga. Mereka memiliki
real estate utama, toko elektronik, toko-toko pakaian, restoran dan
dealer sepeda motor, penghasilan muslim sangat baik dibandingkan
mayoritas Buddha, yang hanya bekerja keras sebagian besar sebagai buruh
dan pedagang kaki lima.
Aung San Suu Kyi , Pemenang nobel perdamaian yang Diam Seribu bahasa
Kegagalan pemenang Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi, pemimpin
oposisi saat ini di parlemen, untuk meredakan ketegangan lebih lanjut
merusak citranya sebagai kekuatan moral pemersatu. Suu Kyi, seorang
Buddhis yang taat, mengatakan sangat sedikit dan kurang berperan
terhadap kerusuhan ini. Dan
Suu Kyi menolak untuk diwawancarai untuk tragedi ini.
Kronologi kejadian kerusuhan
Awal kerusuhan sebenarnya bermula sangat sederhana.
Aye Aye Naing, 45-tahun wanita Buddha, ingin membuat persembahan
makanan untuk biarawan lokal. Tapi dia tidak punya uang, dia ingat, Pada
sekitar 9 pagi pada tanggal 20 Maret, sehari sebelum pembantaian, ia
membawa jepit rambut emas ke kota. Dia itu mencoba menawarkan jepit
rambut emas itu seharga 140.000 kyat ($ 160). Bersama suami dan adiknya,
ia masuk New Waint Sein, toko emas milik seorang Muslim , pedagang
muslim itu menawar 108.000 kyat nya. Sedang Aye ingin setidaknya 110.000
kyat untuk jepit rambutnya.
Pekerja toko emas melihat jepit rambut itu, ternyata jepit itu
sedikit rusak, maka Pemilik toko muslim itu, seorang wanita muda berusia
20-an, karena rusak maka ia menawar hanya 50.000 kyat. Aye protes,
menyebut pemilik tidak masuk akal. Karena hinaan Aye maka pemilik toko
muslim itu menamparnya, kata saksi. Aye Aye dan suaminya berteriak di
toko tersebut dan segera tiga staf toko muslim itu menarik mereka keluar
toko, menurut pengakuan sepihak suami isteri budha itu mereka dipegangi
dan dipukuli oleh tiga staf toko.
Akibat itu, massa berkumpul. Polisi tiba di lokasi, menahan Aye Aye
Naing dan pemilik toko. Massa yang sebagian besar Buddha berkumpul dan
berubah menjadi kekerasan, melemparkan batu, berteriak anti-Muslim dan
penghinaan dan mendobrak pintu toko itu, menurut beberapa saksi. Tidak
ada yang tewas atau terluka, namun bangunan perumahan Muslim milik toko
emas dan beberapa rumah muslim yang lain hampir hancur.
“Toko ini memiliki reputasi buruk di lingkungan,” kata Khin San, yang
mengatakan dia menyaksikan kekerasan dari toko umum nya di seberang
jalan. “Mereka tidak membiarkan orang memarkir mobil mereka di depan
toko mereka” .
Kemudian aroma kebencian dipicu oleh selebaran ditandatangani oleh
kelompok yang menyebut dirinya “umat Buddha yang merasa tidak berdaya”
yang dibagikan beberapa minggu sebelumnya. Dalam lembaran itu dikatakan
bahwa Muslim di Meikhtila berkonspirasi melawan umat Buddha, dibantu
oleh uang dari Arab Saudi, dan mengadakan pertemuan rahasia di
masjid-masjid. Surat itu ditujukan kepada para bhiksu yang berpengaruh
di daerah itu.
Ketegangan meningkat. Sekitar 5:30 pm hari itu, empat pria Muslim
sedang menunggu di suatu persimpangan. Seorang biarawan berlalu di
belakang dengan sepeda motor, mereka menyerang. Satu memukul pengemudi
dengan pedang, menyebabkan dia terjatuh, kata saksi. Pukulan kedua di
bagian belakang kepala biarawan itu. Salah satu laki-laki menyiram dia
dalam bahan bakar dan membuatnya terbakar, kata Soe Thein, seorang
mekanik yang melihat serangan itu. Biarawan itu meninggal di rumah
sakit.
Soe Thein, seorang Buddhis, berlari ke pasar. “Seorang biksu telah
dibunuh , biksu telah tewas!” dia menangis. Saat ia berlari kembali,
massa mengikuti dan kerusuhan mulai. Rumah Muslim dan toko-toko habis
terbakar.
Soe Thein mengidentifikasi penyerang dengan nama dan mengatakan ia
melihat beberapa hari masih berada di desa setelah sang biksu dibunuh.
Polisi menolak mengatakan apakah mereka termasuk di antara 13 orang yang
ditangkap dan diselidiki terkait dengan kekerasan Meikhtila.
“KAMI HANYA INGIN MUSLIM”
Malam itu, api melahap banyak Mingalarzay Yone, bangsal sebagian
besar Muslim di timur Meikhtila. Api meratakan masjid, panti asuhan, dan
beberapa rumah. Ratusan muslim melarikan diri. Beberapa bersembunyi di
rumah teman-teman Buddhis ‘, kata saksi. Sekitar 100 muslim lari ke
dalam rumah kayu bertingkat milik Maung Maung, seorang sesepuh Muslim.
Win Htein, seorang anggota parlemen di Liga Nasional nya Suu Kyi
untuk Demokrasi, mencoba menahan kerumunan . “Seseorang mengambil
lenganku dan berkata hati-hati atau Anda akan menjadi korban,” katanya.
Sekitar 200 petugas polisi hanya menyaksikan kerusuhan di lingkungan
tersebut sebelum meninggalkan sekitar tengah malam, katanya.
Sekitar jam 4 pagi, orang-orang Muslim di dalam rumah Maung Maung
mengaji dalam bahasa Arab dan kemudian bertakbir, di tengah kerumunan
hampir seribu massa Buddha yang berada di luar rumah.
Ketika fajar menyingsing, sekitar pukul 6 pagi, kehadiran polisi di
daerah itu hanya ada sekitar 10 petugas. Bahkan mereka (polisi)
perlahan-lahan mundur, yang memungkinkan massa untuk menyerang, kata Hla
Thein, 48, seorang sesepuh Buddhis.
Kaum Muslim melarikan diri melalui samping rumah, dikejar oleh pria
dengan pedang, tongkat, batang besi dan parang. Beberapa dibantai dalam
rawa di dekatnya, kata Hla Thein, yang menceritakan kejadian bersama
empat saksi lainnya, baik Buddha dan Muslim.
Lainnya ditebas saat mereka berlari menuju jalan puncak bukit.
“Mereka mengejar muslim seperti mereka berburu kelinci,” kata anggota
parlemen NLD Win Htein.
Polisi menyelamatkan 47 kaum muslimin, sebagian besar wanita dan
anak-anak, dengan mengepung mereka dengan perisai mereka dan menembakkan
tembakan peringatan ke udara, Hla Thein mengatakan. “Kami tidak ingin
menyerang Anda,” teriak seorang biarawan kepada polisi, menurut polisi
mereka berteriak, “Kami hanya ingin umat Islam.”
Ye Myint, menteri kepala daerah Mandalay yang mencakup Meikhtila,
mengatakan kepada wartawan hari itu situasi sudah “stabil.” Tetapi
nyatanya semakin parah. Biarawan bersenjata dan massa Buddha meneror
jalan-jalan selama tiga hari berikutnya, kata saksi.
Mereka mengancam Thein Zaw, seorang pemadam kebakaran mencoba untuk
memadamkan sebuah masjid terbakar. “Beraninya kau memadamkan api ini,”
kenangnya satu teriakan biksu. “Kami akan membunuhmu.” Sekitar 30 biksu
menghancurkan tanda yang tergantung di luar stasiun pemadam kebakaran
dan mencoba untuk memblokir truknya.
“Seorang bhiksu dengan pisau berayun ke arah saya,” kata Kyaw Ye Aung, seorang petugas pemadam kebakaran .
Tiga hari kemudian, di bukit di mana mayat muslim dibakar, reporter
ini menemukan sisa-sisa campuran jenazah dewasa dan anak-anak: potongan
tengkorak manusia, tulang dan tulang lainnya, dan ransel anak yang sudah
gosong itu.
Terdekat dari situ, truk kota membuang mayat di sebidang tanah di
sebelah krematorium di pinggiran Meikhtila itu. Mereka dibakar dengan
ban bekas.
Gerakan 969
Di jalan-jalan Meikhtila, saksi melihat biarawan dari biara terkenal .
Mereka juga melihat biarawan dari Mandalay, kota kedua terbesar di
negara itu dan pusat kebudayaan Burma sekitar 100 mil ke utara. Salah
satu pengunjung tersebut adalah Wirathu biksu nasionalistis.
Wirathu dibebaskan tahun lalu dari sembilan tahun penjara selama
amnesti bagi ratusan tahanan politik, di antara reformasi paling
terkenal pasca-kekuasaan militer Myanmar. Dia dahulu dikurung karena
menghasut kerusuhan anti-Muslim pada kerusuhan tahun 2003.
Saat ini, ia yang berumur 45 tahun adalah kepala biara di Biara
Masoeyein Mandalay, sebuah kompleks luas di mana ia memimpin sekitar 60
biksu dan memiliki pengaruh atas lebih dari 2.500 umat budha berada di
sana. Dari basis kekuatannya, ia memimpin sebuah gerakan cepat yang
dikenal sebagai “969,” yang mendorong umat Buddha untuk memboikot bisnis
Muslim dan masyarakat muslim.
969 , Tiga angka mengacu pada berbagai atribut Buddha, ajarannya dan
kerahiban tersebut. Dalam prakteknya, nomor telah menjadi merek bentuk
radikal anti-Islam secara nasionalisme yang berusaha untuk mengubah
Myanmar menjadi seperti negara apartheid .
“Kami memiliki slogan: Ketika Anda makan, makan di 969, ketika Anda
pergi, pergi ke 969, ketika Anda membeli, membeli ke 969,” kata Wirathu
dalam sebuah wawancara di kuilnya di Mandalay. Terjemahan: Jika Anda
makan, bepergian atau membeli sesuatu, melakukannya dengan seorang
Buddhis. Menikmati reputasi ekstremis nya, Wirathu menggambarkan dirinya
sebagai “Osama bin Laden nya Burma.”
Dia mulai memberikan serangkaian pidato kontroversial 969 sekitar
empat bulan yang lalu. “Tugas saya adalah untuk menyebarkan misi ini,”
katanya. Ini sangat efektif: stiker 969 dan tanda-tanda yang berkembang
biak – sering disertai dengan kekerasan.
Perusuh mengecat “969″. Gerakan massa Anti-Muslim berkecamuk di
Kawasan Bago, dekat Yangon, meletus setelah bepergian biarawan
berkhotbah tentang gerakan 969. Stiker bertuliskan warna pastel disalut
dengan angka 969 yang muncul di warung pinggir jalan, sepeda motor,
poster dan mobil di seluruh pusat-pusat pusat.
Dalam Minhla, sebuah kota sekitar 100.000 penduduk berjarak beberapa
jam dari Yangon, 2.000 umat Buddha berdesakan dalam sebuah pusat
komunitas pada tanggal 26 -27 Februari untuk mendengarkan Wimalar
Biwuntha, seorang kepala biara dari Negara Mon. Dia menjelaskan
bagaimana biarawan di negara itu mulai menggunakan 969 untuk memboikot
perusahaan-Muslim.
Setelah pidato, suasana di Minhla menjadi rusuh, kata Tun Tun, 26,
seorang pemilik toko teh-Muslim. katanya. Sebulan kemudian, sekitar 800
umat Buddha bersenjata dengan pipa logam dan palu menghancurkan tiga
masjid dan 17 rumah Muslim dan tempat bisnis, menurut polisi. Tidak ada
yang tewas, tapi dua-pertiga dari Muslim yang melarikan diri dari Minhla
belum kembali, kata polisi.
“Sejak pidato itu, orang-orang di desa kami menjadi lebih agresif ,
kami kehilangan pelanggan,” kata Tun Tun, yang tokonya dan rumah yang
hampir hancur oleh Buddha pada 27 Maret. Salah satu penyerang bersenjata
dengan gergaji mesin, katanya.
Seorang pejabat polisi setempat membuat kesepakatan dengan massa:
Para perusuh diizinkan 30 menit untuk merampok sebuah masjid sebelum
polisi akan membubarkan kerumunan massa, menurut dua orang saksi. Polisi
setempat membantah telah membuat kesepakatan seperti ketika ditanya
oleh Reuters.
Dua hari sebelumnya di Gyobingauk, sebuah kota dari 110.000 orang di
utara Minhla, massa menghancurkan sebuah masjid dan 23 rumah setelah
tiga hari dari pidato oleh seorang biksu berkhotbah 969. Saksi mata
mengatakan mereka muncul terorganisasi dengan baik, meratakan beberapa
bangunan dengan buldoser.
Wirathu membantah mengorganisir para biarawan di Meikhtila dan di
tempat lain. Dia mengakui hanya menyebarkan 969 dan memperingatkan bahwa
Muslim menipiskan identitas negara Buddhis. Itu adalah komentar yang
telah dilakukan berulang-ulang dalam pidato dan media sosial dan melalui
telepon dalam beberapa pekan terakhir.
“Dengan uang, mereka menjadi kaya dan menikahi wanita Budha Burma dan
mengalihkan ke Islam, menyebarkan agama mereka. Bisnis mereka menjadi
lebih besar dan mereka membeli lebih banyak lahan dan rumah, dan itu
berarti tanah ini akan lebih sedikit kuil Buddhanya,” katanya.
“Dan ketika mereka menjadi kaya, mereka membangun masjid yang tidak
terbuka, tidak seperti pagoda dan biara-biara,” tambahnya. “Mereka
seperti stasiun basis musuh bagi kita. Masjid lebih berarti markas
musuh, jadi itu sebabnya kita harus mencegah adanya markas musuh lebih
banyak.”
Biksu Budha Kawatir Burma menjadi seperti Indonesia
Wirathu takut Myanmar akan mengikuti jalan seperti Indonesia setelah
Islam masuk ke Nusantara pada abad ke-13. Pada akhir abad ke-16, Islam
telah menggantikan Hindu dan Buddha sebagai agama dominan di pulau-pulau
utama Indonesia.
Wirathu mulai memberitakan 969 akan keyakinan dirinya pada tahun
2001, ketika Departemen Luar Negeri AS melaporkan “peningkatan tajam
dalam kekerasan anti-Muslim” di Myanmar. Sentimen anti-Muslim didorong
pada bulan Maret tahun lalu ketika Taliban hancurkan patung Buddha di
Bamiyan, Afghanistan.
Biarawan itu akhirnya ditangkap pada 2003 dan dihukum 25 tahun
penjara karena menyebarkan pamflet anti-Muslim yang menghasut kerusuhan
komunal di tempat kelahirannya dari Kyaukse, sebuah kota dekat
Meikhtila. Setidaknya 10 Muslim tewas dalam Kyaukse oleh gerombolan
Buddha, menurut laporan Departemen Luar Negeri AS.
Wirathu memberikan komentar terhadap penyebab awal kerusuhan tersebut
, mengenai wanita Buddhis yang mencoba untuk menjual jepit rambut. “Dia
seharusnya tidak melakukan bisnis dengan Muslim.”
(Tambahan pelaporan oleh Min Zayer Oo,. Editing oleh Andrew Marshall RC, Michael Williams dan Bill Tarrant./reuters/dz)
0 comments:
Post a Comment